Paxel: Kirim Barang Sehari Tanpa Cancel, Tanpa Kesel

Beberapa minggu ini, saya sedang mencoba menjalani usaha baru, yaitu berjualan buah tin dan teh daun tin. Kebetulan, tetangga saya mengelola kebun buah tin. Kami bertemu di agen pengiriman barang terdekat yang jaraknya kurang lebih 5 km dari rumah.

Saat itu saya hendak mengirim barang pesanan teman, sementara tetangga saya mengirim berkilo-kilo buah tin ke Jakarta.

“Nampaknya jual beli buah tin cukup menjanjikan nih,” begitu pikir saya.

Kemudian saya pun mencoba menanyakan peluang menjadi reseller, yang alhamdulillah disambut dengan baik oleh tetangga.

Bismillah… Semoga jalan usaha saya ini diberi kelancaran dan keberkahan.

Segera saya memasang iklan di beberapa marketplace. Alhamdulillah, tidak perlu waktu lama sudah ada yang merespon.

 

Senang rasanya ketika usaha yang baru saja saya mulai mendapat respon yang cukup baik. Namun ini juga dibarengi dengan perasaan was-was. Bagaimana jika pesanan tiba dalam keadaan busuk?

Padahal buah tin hanya bisa bertahan paling lama tiga hari setelah pemetikan (akan lebih baik jika buah tin disimpan di dalam lemari pendingin). Itu pun dengan catatan, buah dipetik dengan tingkat kematangan 70-80%, yang berarti tingkat kemanisan buah tin saat dipetik tidak dalam kondisi maksimal.

Masalahnya, tidak semua jasa pengiriman menyediakan layanan same day delivery. Malah ada yang sampai 2-3 hari baru sampai di tangan pembeli. Akibatnya sudah bisa diduga, kalau buah tin diterima dalam kondisi busuk.

Sedih? Tentu saja, Beib! Terakhir pengiriman ke Jogja, di mana buah tin saya petik jam 2, kirim ke agen pengiriman jam 4, saya trace keesokan malamnya sudah ada di agen pusat kota penerima,  namun sampai di tangan pembeli 2 hari kemudian. Huhuhu… Sedih dan malu jadinya. Kesal apalagi, tapi saya tak bisa berbuat apa-apa.

Bagaimana dengan pengiriman di dalam kota? Meski saat ini banyak jasa antar same day delivery di kota Bandung, bukan berarti pengiriman buah tin lancar tanpa kendala. Karena jasa pengiriman same day delivery ini memperhitungkan jarak. Pembeli kadang yang jadi ragu, sayang katanya beli buah tin cuma 100 g, malah lebih mahal ongkirnya dibanding harga buahnya.

Ya, karena jasa pengiriman same day delivery ini memang menggunakan perhitungan ongkos kirim berdasarkan jarak tempuh.

Ternyata kendala logistik seperti inilah yang juga dipikirkan oleh para pendiri Paxel.

Berkenalan dengan Paxel, Startup Logistik Berbasis Aplikasi

Hari Jumat tanggal 9 November 2018 kemarin, saya menghadiri acara Paxel Blogger Gathering yang bertempat di Lo.ka.si, Jl. Ir. H. Juanda No 92, Bandung.

Paxel adalah startup logistik berbasis aplikasi yang mengusung layanan same day delivery dengan ongkos kirim flat, tanpa memperhitungkan jarak tempuh dan berat barang. Catat nih ya, FLAT!

Paxel didirikan pada tahun 2017 oleh beberapa orang yang berpengalaman di dunia perlogistikan antara lain Bryant Christanto, Johari Zein dan Zaldy Ilham Masita dan secara resmi diluncurkan pada awal tahun 2018.

Di acara Paxel Blogger Gathering kemarin, saya berkesempatan menyimak pemaparan dari CEO Paxel, Pak Johari Zein.

Pak Johari Zein yang merupakan seorang mualaf  mengingatkan hal terpenting dan paling utama yang harus ada di dalam  sebuah bisnis, yaitu apakah bisnis itu akan bermanfaat bagi orang lain? Jika tidak ada manfaatnya, maka bisnis yang kita jalani pun tidak akan mendapatkan keberkahan.

Filosofi Paxel sendiri diambil dari QS Huud 11:117, “Dan Tuhanmu tidak akan membinasakan negeri-negeri secara zalim, selama penduduknya orang-orang yang berbuat kebaikan”.

Johari Zein, CEO Paxel Indonesia

Didorong oleh ayat tersebut, Pak Johari berinisiatif membuat jasa same day delivery tanpa menghitung berat dan jarak tempuh, agar kita dapat mengirim barang ke orang lain dengan cepat dan tarif yang terjangkau.

Setelah pemaparan dari Pak Johari, ada Ibu Intan beserta adik Angga yang sedang menjalani pengobatan dan menjadi salah satu dari belasan anak yang tinggal sementara di Rumah Harapan Indonesia.

Ibu Intan dan Angga dari Rumah Harapan Indonesia

Lho, memangnya ada hubungan apa nih antara Paxel dengan Rumah Harapan Indonesia?

Jadi, tak hanya fokus ke urusan bisnis saja, rupanya Paxel juga peduli dengan unsur sosial. Dari 25 pengiriman, Paxel akan menjamin 1 anak yang tinggal di Rumah Harapan Indonesia. Ini bukan bagian dari charity atau CSR, namun merupakan bagian dari fokus membangun Paxel.

Keren ya?

Mengenal Model Bisnis Paxel

Selanjutnya ada pemaparan dari Alexander Zulkarnain, Head of Marketing Paxel.

Alexander Zulkarnain, Head of Marketing Paxel

Paxel berasal dari kata Pax yang berarti Package (atau People) dan El yang berarti Accelerate (bergerak lebih banyak, lebih cepat).

Dalam bahasa Yunani, Paxel sendiri memiliki arti kedamaian. Kalau saya rasa sih, bisnis logistik dengan konsep seperti Paxel ini memang bisa membuat siapapun yang terlibat memiliki perasaan damai dan tenang. Tidak perlu khawatir barang sampai terlambat di tangan penerima, ada Happiness Hero yang siap #AntarkanKebaikan.

Paxel memikiki slogan THE FIRST MOVE  yang artinya pertama untuk melayani, berkontribusi, memberikan solusi dan mengerti kebutuhan.

Logo PAXEL mempunyai arti moving dan target ke dalam satu bentuk parcel dan digital teknologi. Bahkan Paxel  memiliki konsep IRONMAN ANALOGY yaitu mendistribusikan paket (dengan hati-hati), kebahagiaan customer (late=terlambat=refund/pergantian atau damage/kerusakan=kompensasi) melalui gerakan #antarkebaikan.

Selanjutnya ada Ibu Intan Saraswati, Chief Happiness Hero Paxel yang menjelaskan tentang kelebihan Paxel.

Oya, setiap kurir Paxel disebut dengan Happiness Hero (pahlawan kebahagiaan) karena mereka telah berjasa mengambil dan mengantarkan pesanan kita sampai ke tujuan di hari yang sama.

Ibu Intan juga menjelaskan beberapa kelebihan Paxel dibandingkan dengan perusahaan ekspedisi lainnya, yaitu:

Kelebihan Paxel

Preferred Time Slot
Kita bisa menentukan sendiri waktu dan tempat pengambilan barang. Jadi Happiness Hero akan mengambil barang ke tempat yang sudah ditentukan, sesuai dengan jam yang diinginkan. Misalnya jika kita memilih waktu penjemputan jam 4-6 sore, Happineee Hero akan datang tak lebih dari jam 6 sore.

Flat Price
Tarif kirim bukan ditentukan dari berat barang dan jarak tempuhnya, melainkan dari volume barang atau besar kecilnya barang. Tarifnya mulai dari Rp 18.000.

No Distance Limit

Selama masih di area jangkauan Paxel, maka barang masih bisa diantarkan oleh Happiness Hero dengan tarif flat itu.

Money Back Guarantee
Paxel menjamin ketepatan waktu pengambilan dan pengantaran. Jadi kalau lewat 5 menit saja, uangnya akan dikembalikan ke aplikasi Paxel kita.

Free Insurance up to 10 Million IDR
Ada asuransi gratis hingga Rp 10 juta jika barang rusak atau hilang. Jadi kita tidak peelu membayar asuransi tambahan.

Pengalaman Menggunakan Paxel

Penasaran dengan Paxel, selesai mengikuti acara Paxel Blogger Gathering, saya pun segera menggunakan Paxel.

Pemesanan saat ini baru bisa dilakukan melalui aplikasi. Saya harus mengisi sejumlah data, seperti alamat penjemputan, jam penjemputan, alamat tujuan, isi barang, nama penerima, dan sebagainya.

Tidak perlu khawatir dengan kemasan, karena Paxel memiliki kemasan sendiri.

Setelah itu ada Happiness Hero terdedikasi yang datang ke tempat penjemputan untuk mengambil barang dan menaruhnya di feeder Paxel terdekat. Berikutnya akan ada Happiness Hero dedicated lainnya yang akan mengirim paket sampai ke tempat tujuan.

Teman-teman bisa melihat perjalanan barang kiriman melalui aplikasi.

Kemarin saya melakukan pengiriman di jam 6-7. Keesokan paginya, ada Happiness Hero yang datang ke alamat pengiriman. Happiness Heronya sempat ‘dikerjain’ karena kantor alamat pengiriman masih tutup. Jadi Happiness Heronya bolak balik deh… Punten ya, Kang 😁

Ini dia paket yang diantar Kang Sanie…

Karena masih ada saldo bonus Rp 100.000 dan bonus refferal yang masuk dari seorang teman sebesar Rp. 50.000, jadi saya masih mengirim paket secara gratis. Teman-teman mau juga donk kirim-kirim gratis? Mumpung masih promo nih, ayo segera instal aplikasi Paxel dan masukkan kode referral:

rinrin.irma

Jangan lupa ya, masukkan kode itu dan nikmati pengantaran gratis dari Paxel senilai Rp 100.000.

Jadi, kamu mau #AntarkanKebaikan ke mana nih? Yuk, antarkan kebaikan via Paxel!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *